Wednesday, November 28, 2012

ESSAY UH 1 EKONOMI kelas X



QUESTIONS:

1.    Kebutuhan Anda sebagai siswa!
2.    Bagaimana ilmu Ekonomi mengatur agar semua kebutuhan yang tidak terbatas bisa dipenuhi dengan sumber daya yang terbatas!
3.    Ceritakan sebuah kisah tentang biaya peluang yang pernah Anda alami selama ini !
4.    Menurut Anda, Indonesia lebih tepat menganut sistem ekonomi apa? Berikan penjelasan !

ANSWERS:

1.    Kebutuhan saya sebagai siswa adalah sebagai berikut:
a.    Seragam sekolah
b.    Buku pelajaran
c.    Alat tulis
d.    Tas
e.    Sepatu
f.     Belajar
g.    Hiburan
h.    Uang saku
2.     
a.    Membuat sebuah skala prioritas karena kepentingan masing-masing barang tidak selalu sama
b.    Menggunakan barang subtitusi.
c.    Menggunakan/membuat barang yang sudah tidak terpakai menjadi hal yang lebih bermanfaat.
3.    Saya pernah berkeinginan untuk membeli sebuah hape dan laptop dalam waktu yang bersamaan. Karena saya budget nya tidak cukup untuk membeli keduanya dengan waktu yang sama saya harus mempertimbangkan kedua barang itu. Dan akhirnya saya memilih untuk membeli hape karena harganya lebih rendah dari laptop. Barang yang saya pilih yaitu hape di sebut juga dengan ‘biaya peluang’ implisit sedangkan barang yang tidak saya pilih yaitu laptop disebut dengan eksplisit.
4.    Menurut saya Indonesia lebih menganut system ekonomi campuran karena pemerintah memberikan kebebasan untuk berusaha secara individu namun pemerintah juga bersikap tegas dengan pasal-pasal yang telah tercantum yang berfungsi untuk mengatur perekonomian negara agar tetap stabil dan tidak ada kericuhan. 

No comments:

Post a Comment